Logo Sulselsatu

Perda RZWP3K Bakal Dorong Percepatan Realisasi Dua Mega Proyek Parepare

Asrul
Asrul

Senin, 17 Juni 2019 10:16

Perda RZWP3K Bakal Dorong Percepatan Realisasi Dua Mega Proyek Parepare

SULSELSATU.com, PAREPARE – Bappeda Parepare bersama Tim Koordibasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) tengah mengkaji Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2019 tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K).

Perda ini mengharuskan Parepare untuk menyesuaikan dengan rencana pengembangan kota di wilayah pesisir, karena dinilai memiliki kepentingan terkait program unggulan Wali Kota, HM Taufan Pawe, yakni mega proyek pembangunan Anjungan Cempae di Kecamatan Soreang dan Mattirotasi Water Park di Kecamatan Bacukiki Barat.

Kepala Bidang Perencanaan Prasarana Wilayah dan Ekonomi Bappeda Parepare, Zulkarnaen mengatakan, TKPRD terdiri dari instansi teknis terkait di antaranya Bappeda, Dinas PUPR, Disporapar, Dinas PKP, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perhubungan, bertugas mengkaji lebih dalam oerda itu sesuai dengan tupoksi masing-masing.

Baca Juga : Kabar Gembira! Warga Parepare Pasien Covid Isoman di Rumah Bakal Diberi Tunjangan Uang

“Hadirnya Perda RZWP3K adalah jalan untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita yakni program unggulan wali kota dan wakil wali kota hadirnya Anjungan Cempae dan Mattirotasi Waterpark,” kata Zulkarnaen, Senin (17/6/2019).

Menurutnya, hadirnya Perda RZWP3K menjadi bahan pertimbangan dalam pelaksanaan program-program RPJMD Parepare dan salah satu dasar pemberian izin lokasi dalam melakukan penempatan ruang dan sebagian perairan.

“Untuk Kota Parepare dalam Perda RZWP3K dikategorikan masuk zona pariwisata, zona pelabuhan, serta zona jasa perdagangan,” beber dia.

Baca Juga : Alhamdulillah! Pemkot Parepare Lunasi Insentif Nakes, Menyusul Insentif Tenaga Vaksinasi

Sebelumnya, Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe mengatakan, pembangunan mega proyek itu untuk mendukung estetika Kota Parepare sebagai daerah tujuan wisata.

“Dalam membangun kota, saya berdasar pada teori tapak kaki. Dimana menata keindahan kota, agar semakin banyak orang yang berkunjung ke Parepare,” katanya.

“Bisa dibayangkan, jika setiap hari 500 ribu pasang kaki berpijak di Parepare, berarti banyak manusia yang membelanjakan uangnya di kota kita ini,” kata tandas Walikota bergelar doktor hukum itu.

Baca Juga : Prioritaskan Nakes, Taufan Pawe Diundang Jadi Pembicara di Kemenkes RI

Penulis: Andi Fardi
Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

Otomotif04 Desember 2022 17:13
Bukti Pelayanan Prima, Asmo Sulsel Buka Parkiran Khusus Motor Matik Premium di Mall Phinisi Point
Asmo Sulsel beri pelayanan prima bagi konsumen dengan menghadirkan parkir khusus motor matik premium Honda di Mall Phinisi Point Makassar...
Makassar04 Desember 2022 16:54
SRC Gelar Pesta Retail Celebes, Hadirkan Seribu Toko Kelontong dari 4 Provinsi di Sulawesi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT HM Sampoerna Tbk melalui PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) secara konsisten mendukung transformasi dan digitalisas...
News04 Desember 2022 16:40
Menuju Natal dan Tahun Baru 2023, Staf Khusus Menhub Minta Pelindo Bersiap Hadapi Arus Mudik
Pelindo bersiap hadapi arus mudik natal dan tahun baru 2023...
Video04 Desember 2022 14:42
VIDEO: Bawaslu Jeneponto Gelar Rakon Dengan Panwaslu
SULSELSATU.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jeneponto menggelar Rapat Konsolidasi (Rakon) Pengawasan Tahapan Pemilu tahun 202...