Logo Sulselsatu

Perda RZWP3K Bakal Dorong Percepatan Realisasi Dua Mega Proyek Parepare

Asrul
Asrul

Senin, 17 Juni 2019 10:16

Perda RZWP3K Bakal Dorong Percepatan Realisasi Dua Mega Proyek Parepare

SULSELSATU.com, PAREPARE – Bappeda Parepare bersama Tim Koordibasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) tengah mengkaji Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2019 tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K).

Perda ini mengharuskan Parepare untuk menyesuaikan dengan rencana pengembangan kota di wilayah pesisir, karena dinilai memiliki kepentingan terkait program unggulan Wali Kota, HM Taufan Pawe, yakni mega proyek pembangunan Anjungan Cempae di Kecamatan Soreang dan Mattirotasi Water Park di Kecamatan Bacukiki Barat.

Kepala Bidang Perencanaan Prasarana Wilayah dan Ekonomi Bappeda Parepare, Zulkarnaen mengatakan, TKPRD terdiri dari instansi teknis terkait di antaranya Bappeda, Dinas PUPR, Disporapar, Dinas PKP, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perhubungan, bertugas mengkaji lebih dalam oerda itu sesuai dengan tupoksi masing-masing.

Baca Juga : Kabar Gembira! Warga Parepare Pasien Covid Isoman di Rumah Bakal Diberi Tunjangan Uang

“Hadirnya Perda RZWP3K adalah jalan untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita yakni program unggulan wali kota dan wakil wali kota hadirnya Anjungan Cempae dan Mattirotasi Waterpark,” kata Zulkarnaen, Senin (17/6/2019).

Menurutnya, hadirnya Perda RZWP3K menjadi bahan pertimbangan dalam pelaksanaan program-program RPJMD Parepare dan salah satu dasar pemberian izin lokasi dalam melakukan penempatan ruang dan sebagian perairan.

“Untuk Kota Parepare dalam Perda RZWP3K dikategorikan masuk zona pariwisata, zona pelabuhan, serta zona jasa perdagangan,” beber dia.

Baca Juga : Alhamdulillah! Pemkot Parepare Lunasi Insentif Nakes, Menyusul Insentif Tenaga Vaksinasi

Sebelumnya, Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe mengatakan, pembangunan mega proyek itu untuk mendukung estetika Kota Parepare sebagai daerah tujuan wisata.

“Dalam membangun kota, saya berdasar pada teori tapak kaki. Dimana menata keindahan kota, agar semakin banyak orang yang berkunjung ke Parepare,” katanya.

“Bisa dibayangkan, jika setiap hari 500 ribu pasang kaki berpijak di Parepare, berarti banyak manusia yang membelanjakan uangnya di kota kita ini,” kata tandas Walikota bergelar doktor hukum itu.

Baca Juga : Prioritaskan Nakes, Taufan Pawe Diundang Jadi Pembicara di Kemenkes RI

Penulis: Andi Fardi
Editor: Hendra Wijaya

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama20 Mei 2022 20:49
Seorang Guru di Jeneponto Mengaku Korban Arogansi Oknum Kepsek di Jeneponto
SULSELSATU.com, Jeneponto – Seorang Guru Bantu di Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan, Yulianti Yudin, mengaku menjadi korban dugaan Arogansi K...
Makassar20 Mei 2022 20:37
Sekda Kota Makassar Buka Pelatihan Prajabatan CPNS Tahun 2021
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, M. Ansar, secara resmi membuka pelatihan dasar (Latsar) Prajabatan CPNS Form...
Berita Utama20 Mei 2022 19:24
Digugat Pelanggaran Hak Cipta, Pegadaian Ungkap Sejarah Hingga Izin Tabungan Emas
SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT Pegadaian (Persero) digugat atas pelanggaran hak cipta layanan Tabungan Emas senilai Rp322,5 miliar. PT Pegadaian ...
Video20 Mei 2022 19:03
VIDEO: Pura-pura Tanya Alamat, Seorang Ibu-ibu Jadi Korban Perampasan Kalung oleh Dua Pencuri
SULSELSATU.com – Seorang ibu-ibu jadi korban penjambretan kalung oleh dua pencuri yang berpura-pura menanyakan alamat. Korban tersebut diketahui...