Logo Sulselsatu

Rusak Rumah Warga Papua, Eks Panglima Laskar Jihad Disidang di Makassar

Asrul
Asrul

Rabu, 19 Juni 2019 22:29

Rusak Rumah Warga Papua, Eks Panglima Laskar Jihad Disidang di Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Demi alasan keamanan, sidang kasus perusakan rumah warga di Koya Barat, Jayapura, Papua pada 27 Februari 2019 lalu terpaksa digelar di Kota Makassar.

Salah satu terdakwa kasus ini, yakni eks Panglima Laskar Jihad Indonesia, Ja’far Umar Talib pun telah menjalani sidang dakwaan di Pengadilan Negeri (PN) Makassar, Rabu (19/6/2019), setelah pekan lalu sidang perdananya ditunda.

Baca Juga : Dikriminalisasi, Hakim Vonis Bebas Bernadus Setiawan dan Menita Sutedja

Ja’far Umar Talib didakwa Jaksa Penuntut Umum (JPU) melanggar pasal 2 ayat 1 UU Darurat RI No 12 tahun 1951 tentang senjata api, amunisi, handak, senjata pemukul, senjata penikam, senjata penusuk. Ancaman 10 tahun penjara, junto pasal 170 ayat 1 KUHP sekaitan pengerusakannya dengan ancaman penjara di atas 5 tahun.

“Kita lihat sidangnya tadi, para terdakwa pun memahami kekhilafannya jadi mungkin ada emosi yang berlebihan,” kata Ketua tim JPU, Muhammad Iryan yang ditemui Wartawan pasca sidang.

Sementara menurut kuasa hukum Ja’far, Achmad Michdan, pihaknya tidak berencana mengajukan eksepsi atas dakwaan jaksa. Ia bermaksud mengefisienkan waktu dalam persidangan kliennya.

Baca Juga : Kamrussamad Desak Polri Lindungi Pedagang dan Pusat Ekonomi di Papua

Dengan demikian, Achmad berharap agenda pemeriksaan saksi demi pembuktian jaksa bisa dengan segera dilakukan. Achmad juga menyatakan bahwa pihaknya juga telah menyiapkan saksi meringankan bagi kliennya.

“Kita berharap setelah pembacaan dakwaan langsung ada pemeriksaan saksi karena biayanya dari saksi yang dibawa dari sana kalau bolak-balik besar,” ujarnya.

Selain Ja’far, enam orang terdakwa lainnya yang merupakan para santri serta seorang putra Ja’far juga telah menjalani sidang dakwaan.

Baca Juga : Kerusuhan Papua Letupan Kekecewaan Warg terhadap Diskriminasi dan Rasisme

Penulis: Hermawan Mappiwali
Editor: Awang Darmawan

 Komentar

 Terbaru

Sulsel20 Mei 2022 22:12
Kinerja Pemkab Barru Kelola Keuangan Raih 8 Kali WTP
SULSELSATU.com, BARRU – Kinerja Pemkab Barru dalam mengelola keuangan menuai hasil penilaian Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI dengan Opini atas...
Sulsel20 Mei 2022 21:32
Gubernur Sulsel Harap Produktivitas Masyarakat Meningkat Pasca Rehab DI Cenrana
SULSELSATU.com, WAJO – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan kembali melanjutkan penanganan pada Daerah Irigasi Cenrana di Kabupaten Wajo untuk t...
Video20 Mei 2022 21:28
VIDEO: Bikin Heboh, Fans NCT Dream Berlarian Kejar Idolanya
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan ribuan fans NCT Dream berlarian mengejar idolannya. Aksi fans NCT Dream di bandara Soekarno-Hatta v...
OPD20 Mei 2022 21:21
Dispora Sulsel Usulkan Bonus untuk Atlet Sulsel Peraih Medali di Sea Games Vietnam
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sulsel, mengusulkan untuk memberi ...