Logo Sulselsatu

Rusak Rumah Warga Papua, Eks Panglima Laskar Jihad Disidang di Makassar

Asrul
Asrul

Rabu, 19 Juni 2019 22:29

Rusak Rumah Warga Papua, Eks Panglima Laskar Jihad Disidang di Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Demi alasan keamanan, sidang kasus perusakan rumah warga di Koya Barat, Jayapura, Papua pada 27 Februari 2019 lalu terpaksa digelar di Kota Makassar.

Salah satu terdakwa kasus ini, yakni eks Panglima Laskar Jihad Indonesia, Ja’far Umar Talib pun telah menjalani sidang dakwaan di Pengadilan Negeri (PN) Makassar, Rabu (19/6/2019), setelah pekan lalu sidang perdananya ditunda.

Baca Juga : Dikriminalisasi, Hakim Vonis Bebas Bernadus Setiawan dan Menita Sutedja

Ja’far Umar Talib didakwa Jaksa Penuntut Umum (JPU) melanggar pasal 2 ayat 1 UU Darurat RI No 12 tahun 1951 tentang senjata api, amunisi, handak, senjata pemukul, senjata penikam, senjata penusuk. Ancaman 10 tahun penjara, junto pasal 170 ayat 1 KUHP sekaitan pengerusakannya dengan ancaman penjara di atas 5 tahun.

“Kita lihat sidangnya tadi, para terdakwa pun memahami kekhilafannya jadi mungkin ada emosi yang berlebihan,” kata Ketua tim JPU, Muhammad Iryan yang ditemui Wartawan pasca sidang.

Sementara menurut kuasa hukum Ja’far, Achmad Michdan, pihaknya tidak berencana mengajukan eksepsi atas dakwaan jaksa. Ia bermaksud mengefisienkan waktu dalam persidangan kliennya.

Baca Juga : Kamrussamad Desak Polri Lindungi Pedagang dan Pusat Ekonomi di Papua

Dengan demikian, Achmad berharap agenda pemeriksaan saksi demi pembuktian jaksa bisa dengan segera dilakukan. Achmad juga menyatakan bahwa pihaknya juga telah menyiapkan saksi meringankan bagi kliennya.

“Kita berharap setelah pembacaan dakwaan langsung ada pemeriksaan saksi karena biayanya dari saksi yang dibawa dari sana kalau bolak-balik besar,” ujarnya.

Selain Ja’far, enam orang terdakwa lainnya yang merupakan para santri serta seorang putra Ja’far juga telah menjalani sidang dakwaan.

Baca Juga : Kerusuhan Papua Letupan Kekecewaan Warg terhadap Diskriminasi dan Rasisme

Penulis: Hermawan Mappiwali
Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

Otomotif04 Desember 2022 17:13
Bukti Pelayanan Prima, Asmo Sulsel Buka Parkiran Khusus Motor Matik Premium di Mall Phinisi Point
Asmo Sulsel beri pelayanan prima bagi konsumen dengan menghadirkan parkir khusus motor matik premium Honda di Mall Phinisi Point Makassar...
Makassar04 Desember 2022 16:54
SRC Gelar Pesta Retail Celebes, Hadirkan Seribu Toko Kelontong dari 4 Provinsi di Sulawesi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT HM Sampoerna Tbk melalui PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) secara konsisten mendukung transformasi dan digitalisas...
News04 Desember 2022 16:40
Menuju Natal dan Tahun Baru 2023, Staf Khusus Menhub Minta Pelindo Bersiap Hadapi Arus Mudik
Pelindo bersiap hadapi arus mudik natal dan tahun baru 2023...
Olahraga04 Desember 2022 15:19
Suwannarut Juara BNI Indonesian Masters 2022 Presented by TNE, BNI Beri Apresiasi
SULSELSATU.com – Kemeriahan BNI Indonesian Masters 2022 Presented by TNE berakhir dengan fenomenal. Sarit Suwannarut muncul menjadi juara baru, ...