Logo Sulselsatu

Sistem PPDB Online, 10 SMP Hasil Regrouping Gunakan Aplikasi Khusus

Asrul
Asrul

Jumat, 21 Juni 2019 10:14

Sistem PPDB Online, 10 SMP Hasil Regrouping Gunakan Aplikasi Khusus

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar, Abdul Rahman Bando mengatakan 10 SMP hasil regrouping tetap menggunakan sistem online untuk pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Namun, 10 SMP baru tersebut akan menggunakan sebuah aplikasi khusus yang berbeda dari 45 SMP lama. Hal itu dikarenakan, SMP baru masih belum memiliki biaya yang cukup untuk melakukan kerja sama dengan pihak penyedia jasa provider.

“Sistem tetap pakai jaringan. Tapi kami tidak berbicara dengan provider karena kasihan kan belum ada sama sekali biayanya. Jadi, kami buatkan aplikasi yang insya Allah tidak akan mengecewakan nanti,” kata Rahman, Jumat (21/6/2019).

Baca Juga : Disdik Sulsel Pastikan Tak Ada Libur Akhir Tahun Bagi Siswa

Dia menilai, PPDB yang menggunakan sistem online ini memiliki prinsip bahwa kelulusan harus benar-benar berdasarkan perankingan dari jarak rumah ke sekolah sebagaimana yang ditentukan untuk jalur zonasi.

“Karena itu juga akan tergambar ukurannya dari rumah ke sekolah. Prinsipnya sekarang bagaimana yang lulus itu betul-betul berdasarkan perankingan dari jarak rumah ke sekolah ya kan untuk jalur zonasi itu aja,” kata Rahman.

Sementara 45 SMP lama telah menyewa jaringan layanan dengan PT Telkom untuk memudahkan dalam pelaksanaan PPDB dengan sistem online ini.

Baca Juga : Dewan Ingatkan Disdik Makassar Agar Masalah PPDB Tak Terulang Lagi

“Tapi yang 10 sekolah ini kami belum berlangganan dengan PT Telkom, maka kami buatkan aplikasi yang Insya Allah itu fair juga di dalam perhitungan jarak dari rumah ke sekolah-sekolah itu,” pungkasnya.

Adapun 10 SMP hasil regrouping tersebut yakni SMPN 46 Makassar (Jl Gunung Latimojong), SMPN 47 Makassar (Jl Maccini Sawah), SMPN 48 Makassar (Jl Hertasning Blok E 4/1), SMPN 49 Makassar (Jl Syekh Yusuf), SMPN 50 Makassar (Jl Muhammadiyah), SMPN 51 Makassar (Jl Tamangapa V). Selanjutnya, SMPN 52 Makassar (Jl Urip Sumiharjo), SMPN 53 Makassar (Jl Samiun), SMPN 54 Makassar (Jl Saharaeng Daeng Sese), SMPN 55 Makassar (Jl A. Paturungi).

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama17 Mei 2022 18:21
Presiden Jokowi Umumkan Pelonggaran Pemakaian Masker
SULSELSATU.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk melonggarkan penggunaan masker di tengah kondisi Covid-19 di Indonesia. Hal t...
Ekonomi17 Mei 2022 17:38
Klaster Usaha Binaan BRI Purun Eco-Straw Mendapat Apresiasi di Sidang Umum PBB
  SULSELSATU.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus konsisten mendukung pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk...
Olahraga17 Mei 2022 17:34
Rivky Mokodompit Kembali ke PSM Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Rivky Mokodompit kembali ke PSM Makassar. Ia akan mengisi posisi penjaga gawang yang ditinggalkan Hilmansyah dan Syai...
Video17 Mei 2022 16:07
VIDEO: Viral, Bocah Ini Nangis Gegara Tidak Ada Fotonya Di Album Pernikahan Orang Tuanya
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan seorang ibu bersama anaknya tengah melihat-lihat album foto pernikahannya. Bocah tersebut tampak me...