Logo Sulselsatu

Menhub Akui Proyek Kereta Api di Sulsel Molor

Asrul
Asrul

Jumat, 27 September 2019 11:58

Menteri Perhubungan Budhi Karya Sumadi. (Sulselsatu/Jahir Majid).
Menteri Perhubungan Budhi Karya Sumadi. (Sulselsatu/Jahir Majid).

SULSELSATU.com, MAKASSARMenteri Perhubungan Budhi Karya Sumadi mengaku pembangunan jalur kereta api di Sulsel molor.

Menurut dia, molornya proyek ini karena pemda belum menyelesaikan pembebasan lahan. Di sisi lain, ia tak bisa memastikan tambahan anggaran untuk proyek ini tanpa progres yang signifikan.

“Kereta api ini makanya saya datang dibantu pak kajati, memang perlambatan tentang pembebasan lahan, dan kita minta legal opini dari pak kajati, karena ini proyek strategis nasional yang harus dikawal,” kata Budhi dalam lawatannya di Makassar, Kamis (26/9/2019).

Penyelesaian jalur Tonasa (Pangkep) menuju Pelabuhan Garongkong (Barru) akan segera rampung pada Agustus 2020 mendatang. Yakni dengan optimalisasi KA logistik maupun penumpang.

“Jalur sepanjang 70-80 km dari posisi Tonasa menuju Garongkong itu bisa dibayangkan di sana sudah ada kereta logistik dan penumpang. Jadi bisa mengangkut semen dari Tonasa ke Garongkong, atau dari Garongjong mengangkut batubara ke sana,” katanya.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri mengatakan, telah dilakukan penyerahan persetujuan pembayaran tanah warga seluas 13.440 meter persegi untuk mendukung pembangunan jalur KA segmen 3 lintas Barru-Mandai. Setelah tahap ini selesai, Kemenhub akan segera melaksanakan tahap konstruksi.

“Setelah dilakukan proses validasi dari BPN dan review BPKP, pada hari ini diserahkan persetujuan pembayaran tanah warga seluas 13,440 m². Dengan demikian, ada jaminan dan kepastian bagi warga dalam mendukung pembangunan jalur KA di segmen 3 ini. Setelah penyelesaian pembayaran tanah warga, kita segera melaksanakan pekerjaan konstruksi,” urai Zulfikri.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Hendra Wijaya

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik18 April 2024 13:24
Budi Kamrul Kasim Anak Muda Luwu Berpeluang Jadi Kuda Hitam di Pilgub Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Satu lagi sosok Figur muda dari Tanah Luwu yang digadang-gadang bakal menjadi ‘kuda hitam ‘ pada kontesta...
News18 April 2024 12:41
Telkom Indonesia Kembali Raih Penghargaan Linkedin Top Companies 2024 Selama Tiga Tahun Terakhir
Konsistensi Telkom Indonesia mewujudkan transformasi sumber daya manusia membawanya meraih penghargaan sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangka...
Ekonomi18 April 2024 12:25
Pemprov Sulsel Harap PSBM Beri Manfaat Ekonomi Bagi Masyarakat dan Daerah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penjabat Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Andi Muhammad Arsjad berharap pelaksanaan Pertemuan Saudagar Bug...
News18 April 2024 11:21
Pj Gubernur Bahtiar Resmikan Revitalisasi Makam Arung Pallaka dan Karaeng Pattingalloang
SULSELSATU.com, GOWA – Dalam upaya menghormati dan melestarikan warisan sejarah, Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel), Irjen Pol Andi Rian R Djajad...