iklan Kareba Parlementa

Pemkab-BPDAS Jeneberang Bakal Rehabilitasi Lahan Kritis di Gowa

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, GOWA – Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Jeneberang Saddang akan melakukan mitigasi penanganan bencana pasca banjir dan longsor di Kabupaten Gowa pada daerah Hulu Jeneberang.

Hal itu diungkapkan Kepala BPDAS, Entan Sofyan saat menemui Bupati Gowa, di Ruang Rapat Bupati Gowa, Jumat (14/2/2020).

Ia mengatakan, kegiatan ini akan dilakukan dengan dua cara yakni secara vegetatif Rehabilitasi Hutan Lindung (RHL) dalam kawasan dan Kegiatan Bibit Kebun (KBK) luar kawasan baik kebun Rakyat (KBR), maupun Kebun Desa (KBD) melalui bibit berkualitas HBK dan kayu-kayuan.

“Kegiatan ini akan membantu masyarakat melalui program perlindungan dan pemulihan karena nantinya akan ada rehabilitasi hutan lindung kritis seluas 180 hektar pada Sub DAS Jenelata dan DAS Hulu Jeneberang,” katanya.

Dijelaskan Entan, RHL tersebut akan dilakukan di tiga desa di Kecamatan Bungaya yakni di Desa Bissoloro, Desa Rannaloe, dan Desa Buakkang. Sementara untuk KBR dan KBD akan dilakukan di delapan unit desa yakni Pattallikang, Bissoloro, Bontomanai, Rannaloe, Buakkang, Sapaya, Jenebatu, dan Desa Mangempang.

Selain itu, penanaman kebun bibit akan dilakukan oleh masyarakat sebanyak 40 ribu batang/unit dengan luas lahan 40 hektar perunit untuk bibit desa sementara 20 ribu batang/unit untuk bibit rakyat dengan luas 25 hektar perunit .

“Nantinya penanaman kebun bibit ini akan dilakukan oleh masyarakat dengan pemberian intensif Rp 1000/batang,” jelas Entan.

Menanggapi hal itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengaku sangat setuju dengan langkah tersebut. Namun sebelum pelaksanaan itu perlu dilakukan penandatangan kerjasama antara pihak Pemprov, TNI/Polri, dan BPDAS mengingat kawasan hutan lindung bukan kewenangan Pemerintah Daerah.

“Pada prinsipnya kami sangat setuju, hanya saja karena ini berhubungan dengan hutan lindung dimana yang menjadi permasalahan Pemda tidak memiliki kewenangan akan hal itu, sehingga perlu dilakukan penandatanganan kerjasama,” ungkapnya.

Dalam mengatasi kebencanaan dalam kawasan hutan lindung lanjut Adnan, dibutuhkan kerjasama dari semua pihak termasuk TNI/Polri dengan mengintegrasikan seluruh program yang ada.

Menurut orang nomor satu di Gowa itu, sudah saatnya semua pihak bekerjasama menangani bencana sebelum bencana itu kembali datang khususnya di Kabupaten Gowa.

“Sudah sangat banyak kerusakan dalam hutan lindung, namun Pemda tidak memiliki kewenangan menangani hal itu karena ditangani oleh Pemprov dan BKSDA sehingga salah satu akibat dari kerusakan itu hutan gundul bencana terjadi dimana-dimana,” bebernya.

Olehnya dirinya berharap melalui pertemuan ini akan ada rapat yang menghadirkan seluruh pihak terkait dan melakukan penandatangan kerjasama untuk Gowa yang semakin baik.

“Kami sisa menunggu kapan penandatangan, setelah itu kami akan himbau masyarakat kami untuk ikut langsung pada rehabilitasi lahan ini, insyaallah kami sangat siap,” pungkasnya.

Editor: Awang Darmawan

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

VIDEO: Pemotor Trail Lakukan Pelecehan, Sentuh Area Sensitif Wanita Berkemben di Sungai

SULSELSATU.com - Seorang pengendara motor trail tega melakukan pelecehan terhadap seorang wanita di sebuah sungai. Dalam video terlihat wanita seksi berkemben atau memakai kain jarik. Kejadian...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

VIDEO: Inalillahi, Pasar Tradisional Karisa Jeneponto Terbakar

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Pasar Tradisional Karisa Jeneponto di Jl. Pahlawan, Kelurahan Empoang, terbakar. Dari pantauan sulselsatu.com, kebakaran terjadi sekitar pukul 10.20 Wita, Kamis malam (24/9/2020). Video...

Ujian SKB CPNS Parepare Selesai, 5 Peserta Gugur

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2019 Pemkot Parepare di BKN Kantor Regional IV Makassar, selesai. Selama...

Polres Jeneponto Ungkap Motif Tewasnya Pemuda Asal Bantaeng

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pihak kepolisian Polres Jeneponto berhasil mengungkap motif tewasnya Rendy Sacada (23) pemuda asal Jl, Raya Lanto nomor 21, Tappanjeng, Kabupaten Bantaeng...

Adnan Temui AIA dan Darmawangsyah di Makassar, Ini yang Dibahas

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Bakal calon Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan bertemu...

Artikel Lainnya

Pemerintah Tawarkan Investasi Rp630 Triliun di Pertemuan IMF-WB

SULSELSATU.com, BALI - Kementerian BUMN, melalui Indonesia Pavilion, menawarkan berbagai peluang...

Pemkab Barru Siap Sekolahkan Anak Korban Gempa Sulteng

SULSELSATU.com, BARRU - Pemerintah Kabupaten Barru siap memfasilitasi anak korban bencana...

Jokowi Tunjuk 7 Milenial Jadi Stafsus, Ada Putri Chaerul Tanjung

SULSELSATU.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menunjuk 7 milenial sebagai staf...

Gubernur Lepas Peserta Fun Bike HUT Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah didampingi Forum...

Cuit Soal Penusukan Wiranto, Jerinx hingga Hanum Rais Dilaporkan ke Polisi

SULSELSATU.com, JAKARTA - Drummer band Superman Is Dead, Jerinx dan putri...

Terkini

Pembangunan Stadion Mattoanging, Kontrak DED dan MK Akhirnya Diteken

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulsel, melalui Dinas Pemuda Dan Olahraga...

Ratusan Komunitas Bersatu Dukung ADAMA

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pasangan calon nomor urut 1 Pilkada Makassar 2020,...

Kerap Absen Paripurna, PJ Walikota Dinilai Remehkan Peran Legislator

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pj Walikota Makassar, Rudy Djamaluddin dinilai meremehkan peran...

Mahasiswa PGSD UNM Lolos PKM 2020 Kemendikbud

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu...

Temui Warga Tanete Riaja, Suardi Saleh Komitmen akan Bangun Rumah Tahfidz Quran Tiap Kecamatan

SULSELSATU.com, BARRU- Calon Bupati Barru Suardi Saleh lakukan sosialisasi di Kecamatan...