Logo Sulselsatu

Begini Strategi Komisi D DPRD Sulsel Putar Perekonomian Rakyat

Asrul
Asrul

Kamis, 14 Mei 2020 18:50

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komisi D DPRD Sulsel menggelar rapat kerja terkait refocusing kegiatan pada OPD Mitra Komisi D yang berlangsung di Kantor DPRD Sulsel, Rabu, (13/5/2020).

Pertemuan tersebut membahas
penyesuaian anggaran yang mengacu dari SK Menteri Keuangan dan Mendagri. Dalam rapat itu terjadi kesepakatan antara komisi D dengan mitra kerjanya untuk pemotongan anggaran sebesar 52 persen.

“Harapan setiap paket juga tidak mutlak disama ratakan pemotongan. Misalnya pekerjaan kecil yang bisa dipadat karyakan sebaiknya jangan dipotong serta paket paket yang besar sebaiknya disiapkan pekerjaan padat karya, sehingga mitra kerja komisi D mampu menghidupkan perputaran ekonomi masyarakat lokal setempat,” kata ketua Komisi D, Jhon Rende Mangontan (JRM) dalam rapat tersebut.

Baca Juga : DPRD Sulsel Keluarkan 12 Rekomendasi Agar Segera Ditindaklanjuti Pj Gubernur

Selain itu, JRM yang juga representatif dari Partai Golkar di Komisi D, juga mengimbau mitra kerjanya agar setiap OPD wajib membuatkan surat pernyataan kepada kontraktor agar menyerahkan item-item mana yang akan dipadat karyakan.

“Ini penting agar kami dari komisi D mampu mengawasi sampai sejauh mana komitmen kita untuk mendukung terjadinya perputaran ekonomi kerakyatan setempat, dan apabila kalau ini kita bisa laksanakan maka Insya Allah kita sudah mampu memperkecil pengangguran serta kehidupan masyarakat yang terdampak Covid-19, bisa terjawab pelan-pelan,” ujar Wakil Ketua DPD Golkar Sulsel ini.

Tak hanya itu komisi D juga menyetujui pekerjaan yang sudah ditenderkan dan sementara ditenderkan, atau yang belum ditenderkan tetap saja berjalan.

Baca Juga : Bisa Rusak Citra Pendidikan, Dewan Minta Guru Tak Jual Seragam Sekolah ke Siswa

“Namun kami mengingatkan kepada OPD agar kontraktor wajib menyiapkan surat pernyataan tidak keberatan apabila dikemudian hari tertunda pembayaran akibat kondisi ekonomi yang diakibatkan Covid-19, tapi kita jamin bahwa apabila belum terbanyarkan akibat kondisi keuangan kita terbatas, kita akan memberi kesempatan prioritas di perubahan anggaran atau tahun anggaran berikutnya, sehingga kita butuh saling pengertian dan kerja sama yang baik disetiap elemen,” jelasnya.

Dalam rapat itu, turut hadir Asisten 2 Pemprov Sulsel, Kepala Biro Keuangan, Bappeda, Dinas PU, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas perhubungan, Dinas Permukiman dan Biro Pengadaan.

Editor: Asrul

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video20 Juli 2024 22:40
VIDEO: Pengendara Mobil Berpakaian PNS Beli Bensin Rp 10 Ribu, Ekspresi Petugas SPBU Jadi Sorotan
SULSELSATU.com – Pengendara mobil yang diduga Pegawai Negeri Sipil (PNS) membeli bensin Rp10 ribu. Video tersebut viral di media sosial Instagra...
Video20 Juli 2024 21:01
VIDEO: Demokrat Resmi Dukung Komika Marshel Widianto di Pilkada Tangsel 2024
SULSELSATU.com – Partai Demokrat resmi mendukung Ahmad Riza Patria-Marshel Widianto untuk maju di Pilkada Tangerang Selatan 2024. Ketua Umum Agu...
Aneka20 Juli 2024 20:20
Asmo Sulsel Undang Iwan Banaran dalam Honda Jagoanku Talkshow Blogger
Astra Motor Sulsel menghadirkan Iwan Banaran yang merupakan seorang blogger, content creator, dan influencer otomotif. Ia dinilai cukup terkenal dan t...
Video20 Juli 2024 20:02
VIDEO: Mobil Nyungsep di Parkiran Living Plaza Pettarani Makassar
SULSELSATU.com – Sebuah mobil nyungsep di parkiran Living Plaza Pettarani, Kota Makassar. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Peristiw...