Logo Sulselsatu

Bupati Adnan Berbagi Cara Mempersiapkan SDM Unggul Dimasa Mendatang

Asrul
Asrul

Kamis, 13 Agustus 2020 14:40

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, GOWA – Masa depan suatu daerah atau bangsa itu ditentukan oleh Sumber Daya Manusianya (SDM) saat ini. Olehnya itu, hal perlu dilakukan saat ini adalah mempersiapkan SDM atau generasi muda muda yang unggul dan memiliki kompetensi.

Hal inilah yang disampaikan oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat menjadi narasumber pada Talkshow online Ngomongin Kemajuan dengan Tema “SDM Unggul, Kita Ukir Masa Depan Gemilang” yang diselenggarakan oleh Team Melompat Maju, Rabu (12/8/2020) malam.

“Pemuda yang ada hari ini adalah calon-calon penerus pemimpin bangsa yang akan memegang tongkat estafet kepemimpinan di masa yang akan datang,” ujar orang nomor satu di Gowa ini.

Baca Juga : Pedagang Pasar Sungguminasa Ungkap Harga Cabai Rawit Sudah Turun

Adnan menyebutkan bahwa kekayaan suatu daerah, bangsa dan negara bukan ditentukan karena sumber daya alamnya. Tetapi kekayaan bangsa dan negara ditentukan di manusianya. Banyak negara di dunia kaya Adnan tidak memiliki sumber daya alam tetapi dia bisa menjadi negara maju karena SDMnya yang baik.

“Kita lihat negara-negara tetangga kita bagaimana Singapura yang sama sekali tidak memiliki sumber daya alam yang mampu menjadi negara yang maju. Begitupun Malaysia, bahkan kalau kita melihat sejarah yang ada di tahun 1980-an Malaysia datang belajar ke Indonesia tapi sekarang lebih maju dari Indonesia,” ujarnya.

Salah satu yang perlu dilakukan oleh pemerintah dalam upaya meningkatkan kompetensi para SDM adalah dengan memperbaiki sistem pendidikan. Pendidikan ini harus menjadi perhatian utama Pemerintah dan harus merata di seluruh Indonesia.

Baca Juga : VIDEO: Bikin Heboh, Fenomena Hujan Es di Pattallassang Gowa

Dengan sistem pendidikan yang baik, diharapkan para generasi muda betul-betul dapat menguasai sesuai dengan kompetensinya. Sehingga kedepannya para generasi penerus bisa menyesuaikan sesuai dengan perkembangan zaman yang ada.

Di Kabupaten Gowa sendiri kata Adnan bidang pendidikan menjadi menajdi program utama Pemerintah Kabupaten Gowa dan telah menjadikan Gowa sebagai Kabupaten pendidikan. Banyak Program di bidang pendidikan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gowa.

Seperti mengganti kurikulum pada sekolah dasar (SD) yaitu dengan menghilangkan baca tulis dan menghitung pada kelas satu dan dan dua. Adnan menjelaskan pada kelas satu dan dua fokus pada pendidikan karakter adat, budaya, sopan santun, etika dan kebangsaan yang dikemas dalam bentuk permainan.

Baca Juga : Dosen FIK UNM Gelar PKM di Sekolah Club SSB Remacob Gowa

Karakter penting ditanamkan sejak dini khususnya di usia 0 sampai 8 tahun. Karena ini merupakan masa keemasan bagi anak-anak. Adnan menyebutkan membentuk karakter anak jauh lebih susah dibandingkan dengan membuat anak-anak tahu membaca, menulis dan berhitung.

“Prinsip negara maju mengatakan bahwa lebih baik anak saya tidak tahu berhitung dibandingkan dia tidak tahu yang namanya budaya antri. Artinya lebih baik anak kita tidak tahu tidak tahu membaca, menulis dibandingkan dia tidak tahu yang namanya kebudayaan. Betapa pentingnya karakter seseorang itu dibangun terlebih dahulu baru diajarkan yang namanya calistung,” ujar Adnan.

Selain mengubah kurikulum SD, sejumlah program Kabupaten Gowa di bidang pendidikan sebagai upaya meningkatkan kualitas SDM Seperti program Investasi SDM seperempat abad, yaitu pemberian beasiswa kepada siswa-siswi terbaik Kabupaten Gowa untuk kuliah di Universitas ternama di Indonesia.

Baca Juga : PPK Somba Opu Gowa Gelar Jalan Santai Demokrasi dan Sosialisasi Pemilu 2024

Kemudian Pendidikan gratis, pembentukan satpol Pendidikan, Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) yaitu tidak adanya sistim tinggal kelas, serta Iman dan Taqwa (Imtaq) Indonesia.

“Setiap kebijakan harus memprioritaskan yang namanya pendidikan. Inilah yang kami lakukan di wilayah Kabupaten Gowa. Kami berharap mudah-mudahan meskipun indikatornya keberhasilannya lama, 15 sampai dengan 20 tahun tetapi memang ini untuk kita persiapkan bagi anak cucu dan keponakan kita di masa yang akan datang,” tandasnya.

Editor: Asrul

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Ramadan28 Maret 2024 16:22
Pegadaian Hadirkan Panggung Emas di Puncak Festival Ramadhan
PT Pegadaian memperingati hari ulang tahun PT Pegadaian yang ke-123 dan memeriahkan bulan Ramadhan 1445 H menghadirkan kegiatan Festival Ramadhan....
Bisnis28 Maret 2024 16:01
Kalla Beton Kembangkan Produk Precast, Produksi Lebih Cepat dan Bentuk Cetakan Lebih Custom
Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah...
Aneka28 Maret 2024 13:55
Pertama di Indonesia, Pj Gubernur Sulsel Inisiasi Gerakan Sedekah Pohon
SULSELSATU.com, BONE – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kembali mencetak sejarah dengan melakukan gerakan sedekah pohon untuk masya...
Sulsel28 Maret 2024 13:19
Wabup Gowa Ingatkan Pembangunan 2025 Harus Tepat dan Strategis
perencanaan pembangunan 2025 harus betul-betul adaptif dengan perkembangan situasi yang kita hadapi saat ini...