Logo Sulselsatu

115 Ribu Pekerja di Makassar Dapat BLT Corona

Asrul
Asrul

Kamis, 27 Agustus 2020 18:22

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar, Andi Irwan Bangsawan. (Sulselsatu/Resti Setiawati)
Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar, Andi Irwan Bangsawan. (Sulselsatu/Resti Setiawati)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sebanyak 115 ribu pekerja atau karyawan di Kota Makassar menerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) sebanyak Rp600 ribu.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar Irwan Bangsawan mengatakan, peluncuran program Bantuan Subisidi Upah (BSU) dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Iya jadi per hari ini bapak Presiden sudah melakukan peluncuran BSU. Tadi yang dibuka jam 11 siang, dan dilakukan secara virtual dan nasional di seluruh Indonesia,” kata Irwan.

Baca Juga : BLT Corona Bagi Pekerja Begaji Rp5 Juta Meluncur 25 Agustus Mendatang

“Tadi saya hadiri juga, di situ disampaikan bahwa per hari ini diluncurkan bantuan BSU bagi karyawan yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan,” katanya.

Sponsored by MGID

Untuk Kota Makassar, sebanyak 115 ribu pekerja atau karyawan yang terdaftar sebagai peserta BPJS dari 3.651 perusahaan atau badan usaha di Makassar

Penyaluran program BSU, kata Irwan langsung ke rekening penerima, sehingga tidak ada indikasi kecurangan di dalamnya.

Baca Juga : Bergaji di Bawah Rp5 Juta, Honorer Juga Dapat BLT Corona

Irwan menjelaskan pekerja yang menerima subsidi ini adalah peserta BPJAMSOSTEK yang masih aktif, dengan upah di bawah Rp5 juta per bulan, berdasarkan data upah yang dilaporkan dan tercatat pada BPJAMSOSTEK.

Kata Irwan, tertundanya BSU beberapa waktu lalu disebabkan validasi data. Di mana, nomor rekening yang diberikan tidak sesuai dengan nama penerima BSU.

“Mereka memasukkan nomor rekening istrinya dan anaknya, bukan namanya, akhirnya ini kita kembalikan kembali ke perusahaannya masing-masing untuk diberi perbaikan terhadap rekeningnya, begitu sampai saat ini BPJS masih melakukan pendataan, validasi,” terangnya.

Baca Juga : Pekerja Penerima BLT Corona Bertambah Jadi 15,7 Juta

Irwan berharap dengan hadirnya program BSU menjadi perhatian bagi perusahaan untuk memberikan hak-hak pekerja bahwa pemerintah memperhatikan semua pekerja dan karyawan.

“Bagaimana yang tidak menerima, yah karena mereka tidak terdaftar sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan nah kita berharap ini pemicu semangat bagi perusahaan karena itu adalah haknya dan itu wajib,” tandasnya.

Penulis: Resti Setiawati
Editor: Hendra Wijaya

Baca Juga : Pekerja Penerima BLT Corona Bertambah Jadi 15,7 Juta

 

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama28 Oktober 2021 01:33
Wali Kota Danny Jadi Tim Penguji di Munas IAI
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) hadir dalam Musyawarah Nasional (Munas) Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) ...
Berita Utama28 Oktober 2021 00:09
Kebakaran di Allu Tarowang Jeneponto, Bocah 8 Tahun Tewas Terbakar
SULSELSATU.com, Jeneponto – Kebakaran rumah kembali terjadi di Jeneponto. Kali ini rumah panggung milik Satturia dg Sangka (55) di Dusun Likusar...
Video27 Oktober 2021 23:20
VIDEO: Nekat, Maling Ini Ketahuan Saat Bobol Mesin ATM di Markas TNI
SULSELSATU.com – Seorang pria kedapatan saat membobol mesin ATM di markas TNI viral di media sosial. Dalam video terlihat pria itu berada di dal...
Sponsored by MGID
Berita Utama27 Oktober 2021 20:46
Bupati Iksan Sebut, Puskesmas di Jeneponto “Cantik” Karena Aliyah Mustika
SULSELSATU.com, Jeneponto – Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar memberi apresiasi kepada anggota DPR RI, Aliyah Mustika atas kontribusi dan perhati...