Logo Sulselsatu

DKPP Berhentikan Tetap Komisioner KPU Jeneponto

Asrul
Asrul

Rabu, 03 November 2021 14:11

Tangkapan layar sidang putusan DKPP secara virtual. (Asrul/Sulselsatu).
Tangkapan layar sidang putusan DKPP secara virtual. (Asrul/Sulselsatu).

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) telah membacakan putusan perkara nomor 168-pke-DKPP/X/2021 teradu atas nama Ekawaty Dewi Anggota KPU Kabupaten Jeneponto secara virtual, Rabu (3/11/2021).

Perkara ini diadukan oleh Puspa Dewi Wijayanti Bendahara Partai Perindo Kabupaten Jeneponto, dan mantan Caleg DPRD Sulsel Dapil Sulsel 4.

Pokok aduan Pengadu terkait dugaan tindakan tercela diluar tugas dan wewenang Teradu sebagai penyelenggara pemilu karena telah meminta sejumlah uang kepada Pengadu pada pemilu legislatif tahun 2019.

Baca Juga : Bantah Minta Uang, Anggota KPU Jeneponto Sebut Caleg Perindo Lakukan Rekayasa

Selain itu, Teradu juga diduga meminta satu unit rumah BTN serta menjanjikan suara untuk memenangkan Pengadu sebagai Caleg bahkan pada 12 Desember 2018, Teradu mengajak bertemu Pengadu di salah satu hotel di Makassar, dalam pertemuan tersebut Teradu meminta sejumlah uang dengan alasan agar bisa lolos kembali sebagai anggota KPU Kabupaten Jeneponto.

Sponsored by MGID

“Setelah memeriksa keterangan pengadu dan teradu, memeriksa bukti-bukti dan dokumen yang disampaikan pengadu dan teradu dalam persidangan DKPP menyimpulkan. Satu, DKPP berwenang mengadili pengaduan pengadu,” kata Didik Supriyanto anggota DKPP membacakan putusan.

“Dua, pengadu memiliki kedudukan hukum untuk mengajukan pengaduan aquo. Tiga, teradu terbukti melakukan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku penyelenggara Pemilu,” sambung Didik.

Baca Juga : Komisioner KPU Jeneponto Dilapor ke DKPP, Minta Uang Hingga Rumah Jadi Aduan

Karena terbukti melakukan pelanggaran kode etik, DKPP memberhentikan tetap Ekawaty Dewi sebagai Anggota KPU Kabupaten Jeneponto.

“Memutuskan, satu, mengabulkan pengaduan pengadu untuk seluruhnya. Dua, menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada teradu Ekawaty Dewi selaku anggota KPU Kabupaten Jeneponto terhitung sejak putusan ini dibacakan,” kata Prof Teguh Prasetyo yang memimpin sidang.

DKPP juga memerintahkan kepada KPU untuk melaksanakan putusan tersebut, paling lama 7 hari setelah putusan dibacakan.

Baca Juga : DKPP Kukuhkan 6 Anggota TPD Sulsel Secara Virtual

Selain itu, Bawaslu diperintahkan melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan putusan DKPP.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Adventorial03 Desember 2021 14:31
Event Three Days Overland Selaras Teori Telapak Kaki Wali Kota Parepare
SULSELSATU.com, Parepare — Event Three Days Overland memberikan konsep sport tourism, dimana memiliki kontribusi besar dalam menarik kunjungan w...
Adventorial03 Desember 2021 14:26
Wali Kota Parepare Lepas Peserta Three Days Oveland 2021
SULSELSATU.com, Parepare — Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, melepas peserta three days oveland 2021 di Tonrangeng River Side, Jumat (3/11/2021)....
Berita Utama03 Desember 2021 13:55
Dugaan Korupsi DAK 2019, Tim Kejaksaan Geledah Ruangan Kadis Pendidikan Jeneponto
SULSELSATU.com, Jeneponto – Tim Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, menggeledah sejumlah ruangan di Dinas Pendidika...
Sponsored by MGID
Adventorial03 Desember 2021 12:58
Ketua IOF Sulsel Puji Parepare Terbaik Dalam Pelaksanaan Three Days Oveland
SULSELSATU.com, Parepare — Ratusan offroader mengikuti event Celebes Three Days Oveland 2021 yang diprakarsai Indonesia Off- Road Federation (IO...