Logo Sulselsatu

PDAM Parepare Disetujui Jadi Perumda Air Minum Tirta Karajae

Andi Fardi
Andi Fardi

Selasa, 07 Desember 2021 21:57

PDAM Parepare Disetujui Jadi Perumda Air Minum Tirta Karajae

SULSELSATU.com, Parepare — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) melaksanakan rapat paripurna pembahasan rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Karajae.

Rapat yang dipimpin Ketua Nurhatina Tipu dan Wakil Ketua Rahmat Sjamsu Alam, dihadiri Wakil Wali Kota Parepare Pangerang Rahim, jajaran pemerintahan dan anggota DPRD.

Kesempatan itu, Pangerang Rahim menyampaikan apresiasinya kepada fraksi-fraksi yang telah membahas dan memberikan pendapat akhirnya terkait Ranperda tentang Perumda Air Minum Tirta Karajae.

“Ranperda ini menjadi landasan untuk meningkatkan pengelolaan air minum dan menjamin pemenuhan ketersediaan air bersih di Kota Parepare,” ujarnya, Selasa (7/12/2021).

Sponsored by MGID

“Untuk mewujudkan hal itu, perlu adanya pengelolaan sistem penyediaan air bersih yang sehat, bersih, produktif dan berkelanjutan serta mendukung pelayanan kepada masyarakat terhadap kebutuhan air,” tambah dia.

Direktur Firdaus Djollong menyampaikan, ucapan terimakasih kepada Wali Kota Parepare (Taufan Pawe) dan pimpinan serta anggota DPRD atas disetujuinya Perda Perumda Air Minum Tirta Karajae.

“Berdasarkan regulasi yang ada Perda ini harusnya selesai pada tahun 2019 akan tetapi kondisi pandemi sehingga baru akhir tahun ini dapat disetujui,” ungkapnya.

Perda ini, kata dia, merupakan perubahan dari perda no.1 tahun 1975 tentang PDAM kemudian berdasarkan PP 54 tahun 2017 yang menjadi turunan dari UU 23 tahun 2014 mengamanahkan untuk status PDAM di ubah menjadi Perusahaan Umum Daerah.

“Ada beberapa perbedaan yang mendasar dari sebelumnya, yakni saat ini menjadi perusahaan umum yang membolehkan PDAM membentuk unit bisnis baru yang dapat memberi keuntungan,” ujar dia.

“Kemudian posisi pemerintah daerah dalam hal ini Walikota semakin diperkuat posisinya menjadi Kuasa Pemilik Modal (KPM), dan masih ada beberapa perubahan lainnya,” lanjutnya.

Menurut Firdaus Djollong, dengan adanya Perda perumda ini PDAM dapat menjadikan momentum untuk menata berbagai aspek agar dapat menjadi perusahaan profesional, mandiri dan memberi pelayanan air bersih dengan baik kepada masyarakat Kota Parepare.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video20 Januari 2022 22:40
VIDEO: Bikin Bingung, Penampakan Desain Pintu Toilet yang Hanya Setengah
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan toilet umum yang sedikit nyeleneh. Seorang perekam menyebut desain toilet sangat membingungkan lant...
Sulsel20 Januari 2022 21:56
Kepala BI Sulsel Apresiasi Pengelolaan Lahan Pasca Tambang PT Vale
SULSELSATU.com, LUWU TIMUR – Komitmen PT Vale Indonesia Tbk dalam menjaga ekosistem lingkungan di areal operasional tambang mendapat apresiasi d...
Adventorial20 Januari 2022 21:26
Buka Musrenbang RKPD, Wali Kota Parepare Harap Perencanaan Pembangunan Berkualitas
SULSELSATU.com, Parepare — Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe membuka resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pem...
Sponsored by MGID
Video20 Januari 2022 21:21
VIDEO: Penjual Nasgor Jarang Cuci Tempat Sambal Hingga Berjamur, Pembeli Sampai Ogah Makan
SULSELSATU.com – Seorang perempuan membagikan momen menjijikan saat membeli nasi goreng. Dalam video terlihat perempuan tersebut memastikan temp...