Logo Sulselsatu

Plt Rektor UMI Sebut Prof Basri Modding Lakukan Penyelewengan Anggaran Puluhan Miliar

Asrul
Asrul

Selasa, 10 Oktober 2023 22:32

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Yayasan Wakaf Universitas Muslim Indonesia atau UMI melantik Prof Sufirman Rahman sebagai Pelaksana tugas (Plt) Rektor UMI.

Direktur Program Pascasarjana (PPs) UMI, Prof Sufirman Rahman untuk sementara waktu menggantikan posisi Prof Basri Modding yang diberhentikan sementara dari Jabatan Rektor UMI periode tahun 2022-2026.

Prof Sufirman Rahman menegaskan bahwa, dasar Ketua pengurus yayasan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) pemberhentian sementara Prof Basri Modding dari jabatan Rektor itu sangat kuat.

Baca Juga : VIDEO: Usai Dilantik, Plt Rektor UMI Prof Sufirman Keliling Fakultas Lakukan Konsolidasi Internal

Pertama, beberapa bulan ini pengawas Yayasan Wakaf telah melakukan audit internal, dari hasil audit itu ditemukan penyelewenan dana yang sangat besar dan fantastis.

“Namun demikian, setelah hasil temuan itu dilaporkan kepada Pak Basri yang saat itu masih rektor. Maka dia sudah menjawab sebahagian diakui, sebahagian tidak akui,” kata Prof Sufirman, kepada wartawan, Selasa (10/10/2023).

Lanjut Prof Sufirman, dalam perkembangan temuan yang disampaikan oleh pengawas yayasan wakaf UMI, ternyata sekitar Rp28,5 miliar itu sudah dikembalikan.

Baca Juga : Prof Basri Modding Ancam Duduki Menara UMI Hingga Ada Kepastian Hukum

“Oleh rektor melalui pimpinan proyek yakni Wakil Rektor I (satu) Dr Hanafi Ashad, ke rekening Yayasan Wakaf UMI. Berarti diakui bahwa danah sekitar Rp28,5 miliar itu bukan dana kecil bukan dana sedikit,” bebernya.

Olehnya itu kata dia, pemberhentian sementara Basri dari jabat Rektor, tujuannya dalam rangka untuk memberikan kesempatan, dan ruang yang besar agar tim audit lebih leluasa melakukan tugasnya.

“Tanpa tekanan, intervensi dan tanpa ancaman atau intimidasi. Karena kalau yang mau diaudit masih berkuasa, gejalanya itu dia akan lakukan manipulasi data kemudian seolah-olah dicocok-cocokkan,” tutur Prof Sufirman.

Baca Juga : VIDEO: Penjelasan Prof Basri Modding Soal Dualisme Kepemimpinan UMI Makassar

Pasalnya, pengurus dan pengawas Yayasan Wakaf UMI masih ingin melakukan audit lanjutan terhadap beberapa proyek yang diduga juga terjadi mark up dan sebagainya.

Karena audit selama inikan tidak diberika akses, karena Prof Basri melarang pejabatnya, staf dan otoritas keuangan di menara UMI untuk melayani, memberikan data dan dokumen ke tim audit. Bahkan informasi berkaitan dengan materi pertanyaan dari auditor dari pengawas Yayasan Wakaf.

“Disinilah terjadi perbedaan atau selisih, disatu sisi UMI melalui pengawas Yayasan Wakaf itu ingin melakukan bersih-bersih dengan melakukan audit. Di satu sisi Prof Basri sebagai rektor menyampikan kepada semua unit pimpinan Fakultas supaya jangan ada mau di audit,” jelasnya.

Baca Juga : Prof Basri Modding Bantah Lakukan Korupsi: Ini Fitnah Keji

Ia menambahkan, adapun audit yang terlanjur terjadi itu karena kebetulan waktu itu Pak Basri Modding tengah menjalankan ibadah ke Tanah Suci.

“Jadi dengan segala macam cara oleh auditor itu maka dia mendapatkan data dan disampaikan untuk ditanggapi dan dijawab,” terang Prof Sufirman.

Kedua tambahnya, memang kepemimpinan Pak Basri Modding dirasakan oleh civitas akdemikia itu tidak sesuai lagi visi misi umi, terutama main pecat-pecat secara sepihak.

Baca Juga : Plt Rektor UMI Prof Sufirman Bongkar Bobroknya Prof Basri Modding

“Inikan dia tidak dipecat, tapi diberhentikan sementara. Selama menjadi Rektor kan ada dua dekan dipecat. Saya punya KPs-KPs juga sudah banyak dipecat, saya tidak tahu apa masalahnya. Saya sebagai pimpinan unit juga tidak pernah diajak bicara,” tutupnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar02 Maret 2024 08:21
Pemkot Makassar Bersama BPKP Sulsel Komitmen Tekan Angka Kemiskinan dan Stunting
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama Kepala Perwakilan BPKP Sulsel Mohamad Risbiyantoro berkomitmen menekan angka stunting dan kemiskinan di...
Video01 Maret 2024 22:48
VIDEO: Cekcok berujung Saling Lempar Botol, ASN di Bantaeng Ini Viral
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan keributan sesama pegawai ASN dalam sebuah rapat. Kejadian ini diduga terjadi di lingkup Pemerintah ...
Video01 Maret 2024 20:29
VIDEO: Pohon Tumbang Berukuran Besar di Samping Kanal Pampang Makassar
SULSELSATU.com – Pohon tumbang di samping kanal Pampang Makassar, Jumat (1/3/2024) malam. Insiden pohon tumbang ini menutup akses jalan. Dalam v...
Ekonomi01 Maret 2024 19:38
RUPST 2024: BRI Bagikan Dividen Rp48,10 Triliun
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 di Jakarta (...