Logo Sulselsatu

Peringati Nuzulul Qur’an, Rektor UNM Ajak Jamaah Jadikan Ramadan Ibadah Terbaik Dalam Hidup

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Rabu, 27 Maret 2024 21:14

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Keluarga besar civitas akademika Universitas Negeri Makassar (UNM) memperingati malam Nuzulul Qur’an atau malam ke 18 Ramadan 1445 Hijriah di Masjid Nurul Ilmi UNM, Rabu 27/3/2024) malam.

Kegiatan tersebut berjalan dengan hikmat dan dihadiri oleh Rektor UNM, Prof Husain Syam didampingi para Wakil Rektor, Dekan dan sejumlah pimpinan dalam lingkup UNM.

Prof Husain Syam dalam sambutannya berpesan agar peringatan Nuzulul Qur’an tidak hanya sekadar momentum, tapi bagaimana memahami dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Seperti kita pahami bahwa salah satu keutamaan bulan suci ramadan dengan 11 bulan lainnya adalah diturunkannya kitab suci Al-Qur’an. Para ulama menghitungnya bahwa turun pada 17 ramadan,” ujarnya.

Bahkan, dirinya juga mengutip Qur’an surah Al-Baqarah ayat 185 yang berbunyi “Syahru ramaḍanal-lazi unzila fihil-qur’anu hudal lin-nasi wa bayyinatim minal-huda wal-furqan”.

“Bulan Ramadan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia. Jadi Al-Qur’an diturunkan sebagai pedoman hidup umat manusia. Patut rasanya kita memperingati karena inilah pedoman hidup kita,” terangnya.

Menurut Rektor dua periode yang akrab disapa PHS ini, peringatan Nuzulul Qur’an hampir diperingati oleh umat muslim dibelahan dunia sebagai bagian dari petunjuk hidup.

“Maka sejak ramadan kedua saya sudah sampaikan harus peringati Nuzulul Qur’an, kalau perlu dibuatkan berbagai macam lomba untuk menyemarakkan,” jelas PHS.

Selain itu, kata Prof Husain Syam, di malam Nuzulul Qur’an juga terdapat beberapa keistimewaan yang bisa diperoleh oleh umat muslim.

“Saya mengajak semua jadikanlah Ramadan tahun ini yang terbaik sepanjang hidup, yang paling berkualitas. Karena kita tidak pernah tahu kapan kita akan bertemu bulan ramadan berikutnya,” cetusnya.

“Kalau ini kita jadikan ramadan terbaik dalam beribadah dan beramal baik, maka Insya Allah kita dipanggil oleh Allah SWT dalam keadaan husnul khatimah,” ucap PHS yang diamini oleh seluruh jamaah tarwih Masjid Nurul Ilmi UNM.

Pada kesempatan itu juga, peringatan Nuzulul Qur’an turut diisi dengan pembicara hikmah Nuzulul Qur’an oleh Ustadz Mahyuddin AH Latuconsina serta dirangkaikan dengan penyerahan hadiah lomba Madhani III 1445 H.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Pendidikan24 April 2024 16:51
Danny Pomanto Harap Mahasiswa PTMAI Ambil Peran Wujudkan Indonesia Emas
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mendorong agar mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyah Indonesia (PTMAI) mengambil peran dalam mewujudka...
Pendidikan24 April 2024 16:36
Lepas 1000 Wisudawan Periode April, Ini Pesan Rektor UNM
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Prof Husain Syam mengukuhkan 1000 wisudawan/wisudawati dalam sidang senat terbuka wisuda periode April 2024 di Pelata...
Video24 April 2024 16:12
VIDEO: Viral, Emak-emak Ini Ngamuk Maksa Minta Sedekah
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan emak-emak yang diduga pengemis ngamuk. Ia diduga meminta paksa sedekah ke warga. Kejadian ini terja...
Olahraga24 April 2024 15:27
Kekuatan CBR250RR Berhasil Bawa Pembalap Astra Honda Kibarkan Merah Putih di ARRC China
Herjun berhasil mengibarkan Bendera Merah Putih di ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) seri ke-2 race pertama kelas Asia Production (AP)250 men...