Logo Sulselsatu

Kanwil Kemenkumham Sulsel Canangkan Pelayanan Publik Berbasis HAM

Asrul
Asrul

Sabtu, 30 Maret 2024 13:40

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) dan seluruh Unit Pelaksanaka Teknis baik Pemasyarakatan, Keimigrasian dan Balai Harta Peninggalan se-Sulsel telah mencanangkan Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM) di Hotel Claro Makassar.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulsel, Liberti Sitinjak dalam keterangannya di Kanwil Sulsel, Sabtu (30/3/2024).

“Pencanangan ini sebagai Komitmen mewujudkan Penghormatan, Perlindungan, Pemajuan, Penegakan, dan Pemenuhan HAM (P5HAM). Hal ini kami tunjukkan di internal kami dengan menjadi role model pelayanan publik berbasis Hak Asasi Manusia,” ungkap Liberti.

Baca Juga : 5931 Warga Binaan di Sulawesi Selatan Terima Remisi Idul Fitri, 14 Langsung Bebas

Menurut Liberti, Kantor Wilayah dan seluruh Unit Pelaksana Teknis mempunyai kewajiban untuk melakukan pemenuhan standar layanan, petugas layanan, serta sarana dan prasarana yang berbasis Hak Asasi Manusia. Ruang laktasi, ruang bermain anak, lantai pemandu, jalur landai, loket prioritas, toilet disabilitas hingga petugas yang memiliki kemampuan bahasa isyarat menjadi keharusan yang harus dimiliki di seluruh unit Kementerian Hukum dan
HAM.

Pencanangan P2HAM oleh Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel disaksikan oleh Direktur Jenderal HAM dalam hal ini diwakili oleh Direktur Diseminasi dan Penguatan HAM, Gusti Ayu Putu Suwardani bersama Plt. Kepala Biro Hukum Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Idris selaku perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Hernadi yang masing-masing pada kegiatan ini menandatangani Berita Acara Pencanangan Pelayanan Publik Berbasis HAM sebagai saksi.

Kegiatan pencanangan ini diselenggarakan dihadapan Penjabat (PJ) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin bersama para Kepala Daerah atau perwakilan Kepala Daerah yang hadir pada kegiatan pencanganan yang dirangkaikan dengan Penyerahan Penghargaan Kabupaten Kota Peduli HAM.

Baca Juga : Kanwil Kemenkumham Sulsel Usulkan 5748 Warga Binaan Terima Remisi Idul Fitri

Gusti Ayu mengungkapkan bahwa sejalan dengan semangat memberikan pelayanan publik yang cepat, tepat, berkualitas, non-diskriminasi, bersih, akuntabel, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat, Pemerintah Indonesia terus mengumandangkan pelayanan publik yang prima dan selalu memberikan yang terbaik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kementerian Hukum dan HAM terus mengembangkan Pelayanan Prima yang berlandaskan prinsip2 HAM, khususnya kepada Kelompok Rentan, melalui Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 25 Tahun 2023 tentang Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM), yang telah diundangkan pada tanggal 13 Oktober 2023 lalu sebagai pengganti dari Permenkumham Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pelayanan Publik Berbasis Hak Asasi Manusia (Permenkumham P2HAM),” ungkapnya.

“Pencanangan yang digelar hari ini menjadi komitmen Kantor Wilayah dan UPT yang ada di jajaran Kantor Wilayah Sulawesi Selatan, untuk melaksanakan P2HAM di masing-masing unit kerja. Harapan kami ke depannya Pemerintah Sulawesi Selatan, baik Provinsi, Kota dan Kabupaten juga dapat segera menindaklanjuti pelaksanaan P2HAM,” ujar Gusti Ayu.

Baca Juga : Kemenkumham Sulsel Berikan Pendampingan KKP HAM, Pelaporan Aksi HAM, dan P2HAM 24 Kabupaten-Kota

Pencanangan yang dilakukan oleh para Kepala Unit Pelaksana Teknis turut disaksikan juga oleh Plt. Kepala Biro Hukum Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Idris dan Jajaran Pada Kanwil Kemenkumham Sulsel

Pada kegiatan ini, dilaksanakan juga Deklarasi Pencanangan P2HAM oleh Kepala Kantor Wilayah diikuti oleh Para Kepala UPT se-Sulsel.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik12 April 2024 22:32
Maipa Rahmat Dukung Indira Jusuf Ismail Maju di Pilwali Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Maipa Rahmat atau (Mama Inspirator Perjuangan Rachmat) menggelar acara Halal Bihalal bersama ratusan emak-emak yang d...
Politik12 April 2024 21:28
Kembali Terpilih Jadi Anggota DPRD Sulsel, Rezki Mulfiati Gelar Pengajian dan Syukuran
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota DPRD Sulawesi Selatan Rezki Mulfiati Lutfi (RML) melaksanakan pengajian dan syukuran dengan mengundang keluar...
Sulsel12 April 2024 20:11
Muhammad Fauzi Sukseskan Utsawa Dharma Gita Tingkat Provinsi, Sumbang Hadiah Puluhan Juta
SULSELSATU.com, LUWU UTARA – Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Fauzi turut mensukseskan Utsawa Dharma Gita IX Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan y...
Sulsel12 April 2024 19:31
Adnan-Kio Kembali Terima Ribuan Tokoh Masyarakat Saat Open House Hari Kedua
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa kembali mengadakan open hpuse dalam rangka merayakan Hari Idulfitri 1445 Hijriah. Di hari kedua ini, Pemkab Gowa me...