Logo Sulselsatu

Kanwil Kemenkumham Sulsel Gelar Monev di Rutan Sengkang

Asrul
Asrul

Minggu, 31 Maret 2024 16:15

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, SENGKANG – Dalam rangka memastikan Akuntabilitas dan Transparansi dalam pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Negara (BMN), Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) telah melaksanakan monev di Rutan Kelas IIB Sengkang beberapa waktu lalu.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Subbagian (Kasubbag) Keuangan dan BMN Kanwil Feny Feliana dalam keterangan yang diterima oleh Humas Kanwil pada Sabtu (30/3/2024).

Dalam kegiatan ini, Kasubbag Feny bersama tim melakukan pengecekan dan evaluasi atas penyerapan anggaran dan Indikator Kinerja Pelaksana Anggaran (IKPA) Triwulan I Tahun 2024 pada pengelolaan keuangan.

Baca Juga : 5931 Warga Binaan di Sulawesi Selatan Terima Remisi Idul Fitri, 14 Langsung Bebas

Sementara dalam hal pengelolaan BMN, Tim Monev melakukan pengecekan dan evaluasi permohonan penghapusan kendaraan dinas Rutan Sengkang dan permohonan rencana alih fungsi Gedung Kantor Lama menjadi mess/tempat tinggal bagi pegawai yang tidak memiliki rumah.

“Kegiatan monev keuangan dan BMN ini adalah hal yang sangat penting untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan dan aset negara di Rutan Sengkang,” ujar Feny.

Lanjut Feny, kegiatan monev keuangan juga merupakan upaya percepatan optimalisasi penyerapan anggaran dengan menginventarisir secara detail terhadap anggaran yang belum direalisasikan/dibelanjakan oleh seluruh Satuan Kerja se-Sulsel.

Baca Juga : Kanwil Kemenkumham Sulsel Usulkan 5748 Warga Binaan Terima Remisi Idul Fitri

Selain itu, kegiatan monev BMN adalah wujud pengelolaan aset negara yang dilakukan secara profesional dan modern demi meningkatnya efisiensi, efektivtas, dan menciptakan nilai tambah dalam mengelola aset. Hal tersebut sesuai dengan amanat Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Liberti Sitinjak.

Dari hasil monev tersebut terkait keuangan, tim monev mengapresiasi bahwa realisasi anggaran non rutin pada Rutan Sengkang telah mencapai 37,06 % (Triwulan I Tahun 2024).

Sementara pada hasil monev terkait BMN, tim monev menyarankan agar jajaran Rutan Sengkang segera menindaklanjuti permohonan penghapusan kendaraan dan permohonan alih fungsi gedung kantor lama.

Baca Juga : Kemenkumham Sulsel Berikan Pendampingan KKP HAM, Pelaporan Aksi HAM, dan P2HAM 24 Kabupaten-Kota

Adapun monev ini melibatkan Irmawati, Malik Ibrahim, dan Erdi Sitorus yang merupakan Pelaksana pada Subbagian Pengelolaan Keuangan dan BMN Kanwil.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video14 April 2024 20:47
VIDEO: Mobil Terjun ke Jurang di Jalan Poros Malino Gowa
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan mobil terjun ke jurang di Kabupaten Gowa. Kejadian ini terjadi pada Minggu (14/4/2024). Insiden ini...
Metropolitan14 April 2024 18:42
Pelabuhan Makassar Perkirakan Penumpang Arus Balik H+10 Idulfitri 1445 H Naik 6 Persen
Pelabuhan Makassar yang menjadi hub di Kawasan Timur Indonesia (KTI) dan salah satu pelabuhan terbesar milik PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pel...
Politik14 April 2024 18:17
Ustadz Das’ad Latif Masuk Radar Usungan NasDem di Pilwali Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Menjelang Pilwali Kota Makassar sejumlah figur bakal calon kandidat wali kota maupun wakil wali kota mulai bermuncula...
Video14 April 2024 18:13
VIDEO: Tanah Longsor terjadi di Tana Toraja, 18 Orang Ditemukan Meninggal
SULSELSATU.com – Tanah longsor terjadi di Kabupaten Tana Toraja, pada Sabtu (13/4/2024) kemarin. Longsor terjadi sekitar pukul 22.30 WITA di RT ...