Logo Sulselsatu

Perkuat Pelaksanaan Tusi, Kanwil Kemenkumham Sulsel Ikuti Arahan Sekjen Secara Daring

Asrul
Asrul

Selasa, 02 April 2024 14:10

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) Liberti Sitinjak beserta dengan para pimpinan tinggi (pimti) pratama beserta jajarannya, mengikuti pengarahan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham RI, Andap Budhi Revianto yang diselenggarakan secara daring di ruang rapat Kakanwil pada Senin (1/4/2024).

Sekjen Andap mengawali pengarahan dengan mengingatkan jajarannya untuk bersama-sama menyukseskan program Zakat Fitrah Kerjasama Kemenkumham RI dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Menurutnya, Zakat Fitrah yang ditunaikan umat muslim menjelang Hari Raya Idul Fitri merupakan wujud ketaatan menjalankan kewajiban agama sekaligus wujud kepedulian kepada sesama.

“Segera tunaikan Zakat, Infaq, dan Shodaqoh (ZIS) mengingat saat ini sudah memasuki hari ke-21 Bulan Suci Ramadhan dan tersisa 5 (lima) hari efektif sebelum cuti bersama Idul Fitri 1445 H,” ajak Andap.

Baca Juga : Kakanwil Kemenkumham Sulsel Lantik 5 PPNS

Selanjutnya terkait maraknya pemberitaan negatif yang berpengaruh pada marwah Kemenkumham di mata publik, Andap meminta kepada seluruh jajarannya untuk melakukan pengelolaan media guna mengcounter berita negatif, diantaranya: pertahankan birokrasi yang informatif, intens monitor berita negatif, lawan berita negatif dengan berita positif, dan glorifikasi berita positif melalui media nasional.

“Saya berpesan agar kehormatan yang diberikan oleh Bapak Menkumham kepada para pimpinan jangan disalahgunakan sehingga nama baik Institusi yang menjadi korban akibat ulah oknum-oknum yang menimbulkan berita negatif,” pinta Andap.

Berikutnya, Andap menyampaikan pesan terkait perencanaan dan juga penyerapan anggaran yang sudah memasuki Triwulan II Tahun 2024, serta ketertiban dalam hal administrasi penatausahaan Barang Milik Negara (BMN). Pada bagian perencanaan, Andap meminta seluruh jajarannya untuk: menyusun postur anggaran tahun 2025 sesuai tugas dan fungsi (tusi), menyusun konsep pagu indikatif tahun 2025, menyusun renstra perubahan 2020-2024 tiap satuan kerja (satker), dan memberi masukan terhadap penyusunan renstra Kemenkumham 2025-2029.

Baca Juga : Kakanwil Kemenkumham Sulsel Terima Kunjungan Tim dari BPIP RI

“Pada bagian keuangan, saya meminta seluruh pegawai bidang keuangan untuk: memahami tugas dan tanggung jawab pengelolaan keuangan, memeriksa kelengkapan dokumen pendukung pertanggungjawaban belanja, menginventarisasi aset secara rutin, mengevaluasi penggunaan akun belanja dan pengadaan barjas, menindaklanjuti hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sesuai rekomendasi, dan melakukan monitoring dan evaluasi (monev) di seluruh satker secara berkala,” lanjut Andap.

Terakhir, Andap berpesan agar para jajaran dapat mengenali tusi berupa komitmen moral, effort dan achievment sehingga tidak ada celah penyimpangan.

Usai mengikuti arahan Sekjen, Liberti meminta Jajarannya untuk melaksanakan dan mengimplementasikan arahan tersebut dalam pelaksanaan tusi pada 2024 ini.

Baca Juga : 60 Pegawai Satker Kanwil Kemenkumham Sulsel Ikuti Penilaian Kompetensi

“Laksanakan tusi dengan penuh tanggung jawab dan penuh kedisiplinan!” pesan Liberti.

Sementara Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin) Indah Rahayuningsih kembali mengajak seluruh pegawai yang beragama Islam untuk dapat menunaikan Zakat Fitrah dan ZIS Ramadan 1445 H/ 2024 M melalui BAZNAS Kemenkumham, sesuai amanat Sekjen diatas.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Pendidikan24 April 2024 16:51
Danny Pomanto Harap Mahasiswa PTMAI Ambil Peran Wujudkan Indonesia Emas
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mendorong agar mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyah Indonesia (PTMAI) mengambil peran dalam mewujudka...
Pendidikan24 April 2024 16:36
Lepas 1000 Wisudawan Periode April, Ini Pesan Rektor UNM
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Prof Husain Syam mengukuhkan 1000 wisudawan/wisudawati dalam sidang senat terbuka wisuda periode April 2024 di Pelata...
Video24 April 2024 16:12
VIDEO: Viral, Emak-emak Ini Ngamuk Maksa Minta Sedekah
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan emak-emak yang diduga pengemis ngamuk. Ia diduga meminta paksa sedekah ke warga. Kejadian ini terja...
Olahraga24 April 2024 15:27
Kekuatan CBR250RR Berhasil Bawa Pembalap Astra Honda Kibarkan Merah Putih di ARRC China
Herjun berhasil mengibarkan Bendera Merah Putih di ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) seri ke-2 race pertama kelas Asia Production (AP)250 men...