Logo Sulselsatu

Rajut Persaudaraan, KKB Kembali Gelar Halal Bihalal

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Senin, 22 April 2024 18:25

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pasca Hari Raya Idulfitri, Kerukunan Keluarga Bulukumba (KKB) kembali melakukan Halal Bihalal di Hotel Horison Makassar, Minggu, (21/04/2024).

Halal Bihalal ini mengambil tema “Merajut Persaudaraan dan Persatuan Menuju KKB Damai dan Sejahtera”.

Ketua Umum DPP Kerukunan Keluarga Bulukumba, Badi Sommeng mengatakan, halalbihalal ini acara rutinitas, setiap tahunnya setelah Idulfitri dan Iduladha dijalankan. Ini menjadi salah satu program kerja DPP KKB itu sendiri.

“Alhamdulillah panitia berganti, tetapi ini mereka merupakan pengurus inti yang digilir sebagai pelaksana,” ucapnya.

Tahun ini diundang dari luar pengurus DPP dan DPW yang ada di luar Sulsel untuk hadir. Kali ini mereka hadir ada yang dari Kendari, Kalimantan, dan Irian.

“Ini kan bersamaan juga dengan acara PSBM, bagian dari KKB juga. Ini satu kesatuan, yang dari luar diundang semua,” tambahnya.

Sementara terkait anggaran dasar dan anggaran rumah tangga KKB ini paguyuban. Halalbihalal ini daripada mendatangi satu persatu, maka dibuatlah satu acara berkumpul.

“Ini salah satu perintah ajaran agama Islam untuk berkumpul dan bersilaturahmi. Saya kira semua tahu ini ada manfaatnya. Bersilaturahmi mendatangkan rezeki dan kesehatan serta pahala dari Allah,” ucapnya.

Yang menarik dari ini karena tahun ini halalbihalal juga dirangkaikan dengan peringatan Hari Kartini. Sehingga para Srikandi KKB memakai baju kebaya.

Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf mengatakan, sebagai entitas masyarakat Bulukumba yang berada di luar Kabupaten Bulukumba, ia mengajak kepada saudara-saudara yang terhimpun dalam wadah KKB ini untuk dapat berkontribusi dan mengambil peran strategis.

Ini untuk perkembangan dan kemajuan Kabupaten Bulukumba. Apalagi KKB dapat menjadi fasilitator atau marketing akan potensi Kabupaten Bulukumba sehingga daerah ini semakin dilirik oleh para investor.

“Investasi akan membuka lapangan pekerjaan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Sehingga saudara-saudara kita warga Bulukumba tidak harus ke Malaysia menjadi tenaga kerja,” ucapnya.

KKB yang memiliki banyak doktor dan profesor juga diharapkan melakukan riset dan litbang sendiri akan potensi wilayah dari 10 kecamatan dan 109 desa.

Tentu hasil riset nantinya akan menjadi rekomendasi untuk ditindaklanjuti oleh para pengambil kebijakan, baik oleh pemerintah kabupaten maupun pemerintah desa.

KKB juga harus senantiasa tampil memperlihatkan wajah Bulukumba yang memiliki keunggulan pada sektor pertanian, perikanan kelautan, serta budaya dan pariwisatanya.

“Kita harus bersama-sama seluruh elemen, termasuk KKB, untuk senantiasa memproteksi hal-hal yang bersifat bad news dan selalu ekspose good news dengan menonjolkan keunggulan-keunggulan yang dimiliki Kabupaten Bulukumba,” terangnya.

Ketua Panitia Halalbihalal KKB, Hermansyam mengatakan, KKB ini mempertemukan keluarga Bulukumba di perantauan.

Saling bersilaturahmi, tak sekadar terucap harus bertemu dengan mereka yang ada di tanah rantau yang di luar Sulsel, direalisasikan.

“Yang hadir dalam halalbihalal tercatat sekitar 500-an orang, termasuk mantan Bupati Bulukumba dari tahun 1980 sampai 1985,” sebutnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

OPD19 Mei 2024 21:38
Beri Kenang-kenangan Lukisan Perempuan Bugis, Andi Ina Harap Bahtiar Selalu Ingat Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari menyerahkan kenang-kenangan berupa lukisan kepada mantan PJ Gubernur Sulsel,...
Metropolitan19 Mei 2024 20:15
Dijemput Forkopimda, OPD dan Tokoh Masyarakat, Zudan: Terima Kasih Sambutan Hangatnya
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Prof Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan terima kasih kepada seluruh F...
Politik19 Mei 2024 19:50
Irwan Hamid-Sudirman Bungi Usungan NasDem di Pilkada Pinrang
SULSELSATU.com, PINRANG – Partai NasDem menyepakati mengusung Andi Irwan Hamid dan Sudirman Bungi sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Ka...
News19 Mei 2024 18:33
Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2024 Hadir di Kendari
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon menggelar ...