Logo Sulselsatu

60 Pegawai Satker Kanwil Kemenkumham Sulsel Ikuti Penilaian Kompetensi

Asrul
Asrul

Selasa, 23 April 2024 12:05

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dalam rangka pemetaan terhadap kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN), Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) bersama Badan Pembinaan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Hukum dan HAM menggelar Penilaian Kompetensi bagi Pejabat Administrasi/Fungsional di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sulsel pada Selasa (23/4/2024).

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Liberti Sitinjak dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada seluruh jajaran Tim Pusat Penilaian Kompetensi (Puspenkom) BPSDM ke Kota Angin Mamiri. Liberti berharap agar pelaksanaan uji kompetensi ini dapat berjalan dengan lancar.

“Hal ini sangat penting untuk mengukur dan meningkatkan potensi serta kinerja para pegawai di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sulsel,” ujar Liberti.

Baca Juga : Evaluasi Standar Pelayanan Kanwil Kemenkumham Sulsel, Begini Pesan Kadivmin

Lebih lanjut, Liberti berpesan kepada peserta uji kompetensi agar tidak cepat puas saat mendapatkan posisi jabatan baik struktural maupun fungsional. Menurutnya, peserta yang saat ini menduduki jabatan tersebut dituntut untuk belajar lagi dan memperbaharui ilmu terbaru agar tidak ketinggalan dengan pegawai lainnya.

“Kadang-kadang, ketika kita sudah menduduki sebagai ASN, kita malas belajar dan membaca. Dengan adanya uji kompetensi ini, diharapkan setiap pegawai yang ikut ujian ini dapat memperbaharui pengetahuannya. Jadi lakukan yang terbaik!” pinta Liberti.

Dalam kesempatan ini, Liberti sampaikan bahwa setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga manusia tidaklah sempurna.

Baca Juga : Kakanwil Kemenkumham Sulsel Audensi Dengan Gubernur Sulsel, Ini yang Dibahas

Melalui uji komptensi ini, Liberti berpesan kepada peserta untuk dapat menerima kekurangannya untuk kemudian melengkapinya dengan terus belajar dan meningkatkan wawasan terbaru guna menunjang pelaksanaan karirnya.

“Hal ini tentu akan berdampak dalam mewujudkan tata nilai Profesional Akuntabel Sinergi Transparan dan Inovatif (PASTI) di dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada publik,” ujar Liberti.

Sementara itu, Asesor SDM Aparatur Alhi Utama BPSDM Sutrisno dalam pembukaannya menyampaikan bahwa Undang-Undang (UU) No 20/2023 tentang ASN mengamatkan bahwa pembangunan talengta dan karir dilakukan dengan mempertimbangkan kualifikasi kompetensi, kinerja, dan kebutuhan instansi pemerintah yang sejalan dengan tugas dan fungsi BPSDM, yaitu terkait dengan penilaian kompetensi dan pengembangan kompetensi ASN Aparatur di lingkungan Kemenkumham, sebagaimana diamanatkan dalam Peratuaran Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) No 28/2023 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kemenkumham RI.

Baca Juga : Semarak HKI Sedunia ke-24, Kanwil Kemenkumham Sulsel Sosialisasikan ke Pelajar

“Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, ASN juga dituntut untuk mampu beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi di organisasi, tidak terkecuali bagi pegawai di lingkungan satker Kanwil Kemenkumham Sulsel,” ujar Sutrisno.

Sutrisno berpesan kepada peserta untuk mengikuti ujian ini dengan tetap berpedoman pada ketentuan yang telah ditetapkan oleh panitia.

Penilaian Kompetensi ini terdiri dari Tes Potensi, Analisa Kasus, Wawancara Kompetensi Manajerial dan Sosiokultural. Kegiatan ini dilaksanakan secara langsung di Aula Bhinneka Tunggal Ika Kanwil pada tanggal 23 hingga 24 April 2024 dan diikuti oleh 60 orang peserta dari seluruh satuan kerja (satker) Kanwil Kemenkumham Sulsel.

Baca Juga : Kabid Pelayanan Tahanan Bekali 57 CPNS Kanwil Kemenkumham Sulsel Tugas dan Fungsi Pemasyarakatan

Hadir dalam kegiatan ini Seluruh Kepala Divisi, Para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Sulsel, Para Pejabat Administrator dan Pengawas Kanwil, Jajaran Tim Puspenkom BPSDM, dan Jajaran Tim Asesor SDM Aparatur BPSDM.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik03 Mei 2024 23:50
Danny-Indira Kompak Kunjungi Markas PPP Sulsel, Tanda-tanda Diusung di Pilkada?
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Bakal calon Gubernur Sulsel Moh Ramdhan Pomanto dan bakal calon Wali Kota Makassar Indira Jusuf Ismail kompak mengunj...
Berita Utama03 Mei 2024 23:01
Jelang Kongres, DPD PAN Jeneponto Harapkan Zulkifli Hasan Tetap Pimpin PAN
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanah Nasional (PAN) Jeneponto masing menginginkan Zulkifli Hasan memimpin parta...
Video03 Mei 2024 21:27
VIDEO: Merasa Dianak Tirikan SBNI Lakukan Protes ke Disnaker Kota Makassar
SULSELSATU.com – Serikat Buruh Nasional Indonesia (SBNI) Sulawesi selatan lancangkan aksi protes terhadap Dinas Ketenaga Kerjaan (Disnaker) Kota...
Politik03 Mei 2024 20:25
Andi Unru Baso Bongkar Resep Menang Besar di Pileg Padahal Baru Pertama Tarung
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Politisi muda Partai Gerindra Andi Unru Baso menghentakkan perpolitikan di wilayah Luwu Raya dan Ajatappareng pada pe...