Wawali Parepare Kukuhkan Pasukan Pengibar Bendera

Pengukuhan Paskibrakan Parepare. (ist)
images-ads-post

SULSELSATU.com, PAREPARE – Wakil Wali Kota Parepare Pangerang Rahim mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), Kamis (13/8/2020).

Pengukuhan Paskibrakan dipusatkan di Rumah Dinas Wali Kota Parepare/

Dalam sambutannya, Pangerang Rahim mengucapkan selamat kepada calon Paskibraka 2020 yang telah terpilih.

“Terima kasih juga kepada pembina, pembimbing maupun pelatih yang telah memberikan bimbingan meski dalam suasana Covid-19,” ujar Pangerang.

Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 tahun ini kata Pangerang, sangat monumental dan bersejarah di situasi pandemi Covid-19, namun hal itu tidak mengurangi semangat dalam merayakan kemerdekaan RI.

“Kepada para anggota Paskibraka, jalankan tugas dengan baik, kalian adalah orang-orang terpilih dari sekian banyak orang, ini sejarah bagi kalian akan bertugas mengibarkan bendera merah putih pada puncak HUT 17 Agustus nantinya,” ujarnya.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Parepare, Amarun Agung Hamka menjelaskan, pelaksanaan upacara HUT RI 17 Agustus ke-75 tetap akan dilaksanakan. Itu setelah ada petunjuk teknis melalui surat edaran yang dikeluarkan sekretariat negara dan kementerian bahwa, di kabupaten/kota tetap melaksanakan upacara.

Pelaksanaan upacara tahun ini kata Hamka, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19. Jumlah undangan untuk mengikuti upacara juga dibatasi, begitupun angggota Paskibraka yang bertugas.

“Pelaksanaan upacara HUT RI 17 Agustus dilaksanakan di halaman depan Kantor Wali Kota dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, jumlah undangan dibatasi, termasuk anggota paskibraka yang tadinya berjumlah 70 orang, kini dibatasi menjadi 8 orang. Bertugas pagi menaikkan bendera tiga orang, penurunan bendera sore hari tiga orang, dan cadangan dua orang,” beber mantan Kabag Humas dan Protokoler Setdako itu.

Delapan orang anggota Paskibraka itu kata Hamka lagi, telah dilakukan seleksi sejak Februari lalu pada seleksi tingkat provinsi. Selanjutnya akan dilatih dan menjalani karantina selama enam hari ke depan di Hotel Bukit Kenari.

Pada pengukuhan anggota Paskibraka itu juga, hadir dua pelatih di antaranya, Kapten Infantri Sukardiasa merupakan Danramil 01 Ujung, dan Serma Firman, Babinsa Kelurahan Lemoe.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Hendra Wijaya