Logo Sulselsatu

Liberti Sitinjak Temui 5 Eselon I Kemenkumham Bahas Tusi di Wilayah

Asrul
Asrul

Kamis, 30 Mei 2024 14:00

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, JAKARTA – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Liberti Sitinjak temui lima Eselon I Kemenkumham RI di Kuningan, Jakarta, Kamis (29/5/2024).

Pertemuan ini guna mengkoordinasikan tugas pokok dan fungsi Kemenkumham di wilayah khususnya terkait peningkatan pelayanan hukum dan HAM.

Kakanwil Liberti Sitinjak mengawali pertemuan dengan Inspektur Jenderal sekaligus Plt. Dirjen Pemasyarakatan, Komjen Pol Reynhard Silitonga.

Baca Juga : Unit Pelayanan Publik Wajib Meningkatkan Keamanan dan Kenyamanan Bagi Masyarakat

Pada pertemuan tersebut, Liberti Sitinjak menyampaikan komitmen Kanwil Kemenkumham Sulsel dalam dalam mewujudkan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM pada semua satuan kerja di bawahnya untuk mewujudkan clean and good government.

Selanjutnya, demi mewujudkan regulasi yang semakin baik di wilayah, Liberti Sitinjak bertemu Direktur Jenderal HAM, Dhahana Putra, Kepala Badan Strategi Kebijakan Hukum HAM, Y Ambeg Paramarta dan Dirjen Peraturan Perundang-undangan , Asep N. Mulyana.

Kunjungan ini sebagai bentuk koordinasi guna menyelaraskan masing-masing peran Dirjen Peraturan Perundang-undangan, Dirjen HAM, dan Badan Strategi Kebijakan Hukum HAM dengan Kantor Wilayah dalam proses mewujudkan reformasi hukum.

Baca Juga : Menkumham Resmikan 33 Desa dan Kelurahan Sadar Hukum di Sulsel

Sebagaimana diketahui, Kantor Wilayah menjadi perwakilan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia di wilayah bertindak sebagai leading sector dalam pelaksanaan program meso di bidang reviu terhadap berbagai peraturan perundang-undangan.

Salah satu prosesnya adalah melalui Indeks Reformasi Hukum (IRH) yang merupakan proses monitoring dan evaluasi dari regulasi yang telah berjalan, dengan harapan bahwa setiap regulasi yang dilaksanakan dapat tepat guna dan tepat sasaran dan tidak berbenturan dengan regulasi yang ada di tingkat atas.

Instrumen indeks reformasi hukum digunakan dalam rangka memperkuat koordinasi untuk melakukan harmonisasi regulasi dan mendorong reregulasi/deregulasi berbagai peraturan perundang-undangan berdasarkan hasil reviu.

Baca Juga : Menkumham Yasonna Dianugrahi Gelar Adat Dari Kerajaan Gowa

Selain itu, IRH digunakan pula dalam rangka mendorong penyederhanaan regulasi pada setiap jenjang level peraturan perundang-undangan.

Sebagai upaya dalam meningkatkan profesionalisme penilaian IRH dan untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik di tingkat pusat dan daerah, khususnya di wilayah Sulawesi Selatan.

Selama kegiatan ini Kakanwil didampingi oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Hernadi dan Kepala Bidang Hukum, Andi Haris.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama16 Juni 2024 21:52
Besok, Kapolres Jeneponto dan Jajarannya Kurban 50 Ekor Sapi
SULSELSATU.com,JENEPONTO – Kapolres Jeneponto AKBP Budi Hidayat dan Jajarannya akan melaksanakan kurban 50 ekor sapi usai pelaksanaan shalat idu...
Metropolitan16 Juni 2024 19:00
Perayaan Idul Adha 1445 H, Pemkot Makassar Sembelih 62 Hewan Kurban
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar akan menyembelih sebanyak 62 hewan kurban dalam perayaan Idul Adha 1445 Hijriah. Hewan-hewan kur...
Makassar16 Juni 2024 18:26
Prof Zudan Apresiasi Danny Pomanto, Efektif Jaga Stabilitas Harga Pangan H-1 Idul Adha 1445 Hijriah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mendampingi Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh meninjau langsung har...
OPD16 Juni 2024 17:47
Kompaknya Ketua DPRD Sulsel Bersama Pj Gubernur Turun ke Pasar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua DPRD Sulawesi Selatan Andi Ina Kartika Sari bersama Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh melakukan oper...